Berita

Laporan pemahaman VMTS Prodi PBI

Setiap lembaga pendidikan mempunyai visi yang akan dicapai dimana visi tersebut kemudian dijabarkan ke dalam misi dan tujuan serta sasaran. Adanya perubahan visi misi tujuan dan sasaran pada lembaga pendidikan mengindikasikan bahwa lembaga tersebut telah mempunyai mimpi yang akan dicapai pada jenjang waktu tertentu. Berkenaan dengan visi pada tingkat program studi, visi misi tujuan dan sasaran haruslah sejalan dan mendukung visi yang akan diraih oleh universitas dan fakulta. 

Adanya perubahan visi pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo telah disosialisasikan kepada segenap civitas akademika Prodi PBI serta tenaga kependidikan juga telah disosialisasikan kepada pemangku kepentingan yaitu pengguna alumni dan alumni itu sendiri. Setelah beberapa waktu, maka Prodi PBI UMPurworejo perlu mengadakan survey untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman sivitas akademika Prodi PBI dan tenaga kependidikan dalam memahami visi misi tujuan dan sasaran Prodi PBI.

Dengan menggunakan alat ukur berupa angket yang terdiri dari 12 pernyataan, maka Prodi PBI telah menyelesaikan survey pemahaman VMTS Prodi PBI dan hasilnya adalah sebagai berikut:

A. Identitas Responden

Total responden yang mengisi angket adalah sebanyak 122 responden terdiri dari 100 orang perempuan dan 22 orang laki-laki serta responden tersebut berasal dari mahasiswa, dosen, dan pegawai yang ditampilkan sebagai berikut:

        

 

 

 

 

 

 

B. Hasil Survey

Dari survey yang dilakukan, maka didapat hasil bahwa secara umum, pemahaman sivitas akademika dan tenaga kependidikan tentang Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi PBI UMPurworejo sangat baik. Hal ini terbukti dari hasil analisis kuesioner yang menyatakan bahwa rata-rata pemahaman Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran pada mahasiswa sejumlah 28.42, pada Dosen 28.88, dan Tenaga Kependidikan 27; ketiga jenis responden tersebut memiliki rata-rata total tingkat pemahaman 28.1 yang berada pada skala nilai 26-30 (Kriteria Sangat Baik).

Secara persentase, maka yang termasuk dalam kategori Tingkat Pemahaman Sangat baik pada mahasiswa sejumlah 83%, dosen 87.5%, dan Tenaga Kependidikan 87.5%.

Demikian laporan pemahaman visi misi tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo yang dilakukan pada tahun 2017. Laporan survey ini telah diperiksa oleh Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan disahkan oleh Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker