Berita

Serba-serbi KKN 2018

Kuliah Kerja Nyata adalah suatu program dimana mahasiswa terjun langsung ke masyarakat dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di perkuliahan. Kegiatan tersebut merupakan ajang dimana para mahasiswa berbaur di masyarakat di wilayah Kabupaten Purworejo dan Kebumen. Selain itu, kegiatan tersebut juga menguji dan melatih mahasiswa untuk bisa saling bertoleransi, menyatukan pikiran, tenaga, dan saling melengkapi satu sama lain.

Berbagai kejadian selama KKN akan menjadi kenangan baik kenangan bersama kelompok KKN maupun kenangan bersama warga masyarakat desa tempat dimana KKN diselenggarakan. Akan tetapi, semua itu adalah proses pendewasaan diri guna menuju kehidupan bermasyarakat. Tidak jarang juga mahasiswa mendapat desa dimana tidak ada sinyal telepon untuk sekedar bertelepon ataupun bersosial media.

Untuk tahun 2018, Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan kegiatan KKN bekerjasama dengan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen. Para mahasiswa terbagi menjadi 54 kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari kurang lebih 21 mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi di UMPurworejo. Serangkaian kegiatan untuk membekali mahasiswa dalam melaksanakan KKN telah dilakukan dengan tujuan bahwa mahasiswa telah siap untuk terjun bermasyarakat di desa yang belum pernah dikunjunginya bahkan di desa yang namanya saja asing di telinga.

Berbagai kegiatan mahasiswa sebagai program kerja dilakukan berkoordinasi dengan pihak desa, karang taruna, lembaga pendidikan, PKK, dan lain sebagainya. Salah satu program kerja kelompok KKN di Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo adalah jambanisasi. Program ini muncul melihat fenomana dimana masyarakat belum banyak yang mempunyai jamban sehat. Berbekal pengalaman dan dukungan dari Kepala Desa Karangsari serta warga masyarakat disana, maka program tersebut dapat terealisasi.

Selain itu, program kerja lain yaitu mengajar di TPQ, membantu mengajar di SD dan MI, serta mengadakan lomba-lomba. Profil mengenai kelompok KKN di desa Karangsari dapat dilihat DISINI

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker