Prestasi Mahasiswa

UFO MBAH UTI – The students’ entrepreneur

Menjadi mahasiswa yang notabene adalah kalangan terpelajar tidaklah selalu berhubungan dengan dunia akademis militan seperti buku, kuliah, tugas, dan ujian. Lebih dari itu, menjadi seorang mahasiswa haruslah mempunyai nilai dan karakter lebih disamping karakter akademik dan intelektualitas dan salah satunya adalah membentuk karakter mandiri melalui Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM).

Dengan mengambil tema berbasis ramah lingkungan (reduce-reuse-recycle), adalah Nisa Fitrianarni seorang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang telah melihat peluang bisnis dari limbah kayu jati dimana pada umumnya kayu jati hanya diambil batangnya saja untuk dijadikan berbagai furniture. Bersama tim PKM yang terdiri dari Sri Haryanti, Ahdzika Nur Hidayah, Muchamad Rosid, dan Enjang Gelis Dyah Azizah, mereka membentuk tim bernama UFO MBAH UTI (Ukir Foto Limbah Kayu Jati) dimana pada intinya mereka mengubah limbah kayu jati menjadi barang dengan nilai seni dan nilai jual yang tinggi. Tim ini juga menjadi ajang untuk berlatih sekaligus mengembangkan diri sebagai entrepreneur. Mbak Nisa (panggilan akrabnya) mengatakan bahwa “tidak ada yang salah dengan mahasiswa entrepreneur karena akan melatih skill dalam berbisnis”.

Didanai oleh Kemenristekdikti, tim UFO MBAH UTI telah berhasil menciptakan berbagai macam kreasi dari olahan limbah kayu jati diantaranya adalah Ukir Foto, Berbagai varian gantungan kunci, Bermacam hiasan dinding, sampai dengan beragam plakat ataupun hiasan meja. Menggunakan media promosi baik secara online dan offline serta mengikuti berbagai event seperti expo dan Car Free Day, omset penjualan UFO MBAH UTI terus mengalami peningkatan tiap bulan.

Pada kesempatan yang lain Mbak Nisa juga memberikan semangat kepada mahasiswa lain khususnya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo untuk selalui berfikir positif dan kreatif serta aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dengan mengikuti Program Kreatifitias Mahasiswa (PKM). Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari PKM ini karena selain untuk mengembangkan diri juga bisa menambah wawasan serta memperluas link ke berbagai sektor sebagai bekal kehidupan di masa yang akan datang ataupun setelah lulus dari universitas.

UFO MBAH UTI… You want it, We create it !

 

Close