Uncategorized

Menuju PBI sebagai pusat referensi

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai salah satu prodi di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo telah mengusung misi baru yaitu menjadi pusat referensi pengembangan pendidikan Bahasa Inggris di Kabupaten Purworejo. Untuk mencapai hal tersebut, Prodi PBI UMPurworejo telah menginisialisasinya dengan memperluas kerjasama di bidang pendidikan Bahasa Inggris diantaranya adalah menjalin kerjasama dengan SMPN 4 Purworejo dan SMPN 9 Purworejo. Realisasi kerjasama tersebut diwujudkan dengan pendelegasian mahasiswa Prodi PBI UMPurworejo untuk menjadi tutor pada kegiatan ekstrasekolah English Conversation Club (ECC) dimana tujuan akhir dari klub ini adalah siswa mampu dan tidak malu untuk berbicara Bahasa Inggris dengan native speaker.

Sebagai bagian dari kerjasama antara UMPurworejo dengan SMPN 4 Purworejo, pada tanggal 8 September 2018 Prodi PBI UMPurworejo dengan SMPN 4 Purworejo mengadakan kegiatan sharing with native dengan mendatangkan native speaker asal McGill University, Canada yaitu Trevor Campbell Cooke. Antusiasme para guru dan murid SMPN 4 Purworejo begitu terasa sesaat setelah kedatangan Kaprodi PBI (Sri Widodo, S.S., M.Hum.) dan Native Speaker (Trevor Campbell Cooke). Serangkaian acara sebagai bagian dari kegiatan sharing with nativeĀ ini telah dipersiapkan diantaranya adalah saresehan bareng native, nari bareng native, gendingan bareng native, serta foto bareng native.

Saresehan bareng native mengambil tempat di gazebo SMPN 4 Purworejo. Pada sesi ini, Trevor dan siswa-siswi SMPN 4 Purworejo berkesempatan untuk membicarakan hal-hal seputar kehidupan sehari-hari mulai dari hobi, pelajaran, guru yang disukai, perbedaan pendidikan antara Canada dan Indonesia, makanan, sampai hal-hal kecil seperti hewan apa yang disukai dan tidak disukai. Para siswa sangat senang dengan kegiatan ini karena mereka bisa langsung mempraktikkan apa yang telah dipelajari dalam kegiatan eksul English Conversation Club (ECC). Awalnya para siswa nampak malu untuk bertanya dan berinteraksi dengan native speaker namun lama kelamaan mereka jadi percaya diri ketika mengetahui bahwa native speaker tersebut memahami apa yang mereka katakan walaupun sepenggal demi sepenggal. Tentu saja hal ini menciptakan atmosfer yang positif bagi perkembangan kebahasaan para siswa di SMPN 4 Purworejo.

Pada hari tersebut terdapat ekskul tari yang sedang berlatih menari tari tradisional. Trevor tertarik dengan hal-hal yang berbau tradisional dan Trevor berkesempatan untuk mencoba menari bareng siswa-siswi SMPN 4 Purworejo. Dalam sesi ini Trevor nampak kaku menirukan gerakan tari tradisional dan hal tersebut membuatnya senang karena terdapat interaksi aktif antara Trevor dengan para siswa. Dilanjutkan dengan sesi gendingan bareng native dimana Trevor belajar untuk menabuh alat musik tradisional Jawa dan kata Trevor bahwa alat musik di Jawa sangat unik dan indah dengan berbagai kombinasi instrumennya mulai dari gendang, tenong, gending dan lain sebagainya.
Rangkaian kegiatan sharing with native ditutup dengan sesi foto bersama dimana para siswa dan guru berpose bersama Trevor di SMPN 4 Purworejo.

Kegiatan sharing with nativeyang telah dilaksanakan memberikan kesan positif baik baik Prodi PBI UMPurworejo maupun SMPN 4 Purworejo karena para siswa di SMPN 4 Purworejo bisa secara langsung berinteraksi dengan native speaker dengan durasi yang lama tanpa perlu hunting ke lokasi wisata. Yang kedua adalah hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris karena mereka telah membuktikan bahwa native speaker tersebut bisa menangkap apa yang para siswa bicarakan walaupun dengan kemampuan yang masih terbatas. Yang ketiga adalah hal ini mampu untuk mempererat kerjasama yang telah dilakukan antara UMPurworejo dengan SMPN 4 Purworejo dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker