Uncategorized

Seminar TEFYL: Fun and Excitement

Sebagai bagian dari usaha mencapai visi Prodi PBI dan menciptakan atmosfir akademik di lingkup kalangan mahasiswa, Prodi PBI UMPurworejo telah merencanakan 4 (empat) seminar yang diikuti oleh mahasiswa dengan sasaran utama yaitu mahasiswa angkatan 2017 dan mahasiswa angkatan lain. Tujuan diadakan seminar ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan gambaran kepada mahasiswa mengenai lingkup pekerjaan yang bisa diperoleh oleh lulusan dari Prodi PBI UMPurworejo.

Miss Nunung sharing metode dan media ajar

Dengan mengaplikasikan kurikulum yang telah ditinjau pada tahun 2017, terdapat 4 (empat) profil lulusan sebagai nilai plus dari lulusan Prodi PBI yaitu TEFYL, Entrepreneurship, Tourism, dan Translation disamping profil utama yaitu sebagai pendidik Bahasa Inggris. Keempat profil ini diharapkan dapat membekali lulusan untuk bisa survive dengan menggunakan keterampilan yang telah diperoleh di perkuliahan.

Sebagai wujud nyata dari usaha untuk membekali mahasiswa dengan skill tambahan diluar Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi PBI telah menyelenggarakan seminar dengan tajuk Teaching English for Young Learners: Fun and Excitement yang diadakan pada hari Kamis, 8 November 2018. Mendatangkan 2 (dua) narasumber yang merupakan Alumni Prodi PBI yang telah mengajar di sekolah dasar yaitu Miss Nunung Suryani, S.Pd. (SDN Purworejo) dan Miss Ajeng Catria Dewi, S.Pd. (MI Imam Puro Purworejo), kegiatan seminar ini berlangsung dengan semarak.

Sesi tanya jawab dengan audience

Miss Nunung Suryani, S.Pd. yang telah mengajar di SDN Purworejo dan juga telah berprestasi mendampingi serta melatih para siswa mengikuti lomba bercerita (story telling) sampai dengan tingkat provinsi serta lomba pidato (speech) di tingkat kabupaten berbagi dengan mahasiswa mengenai metode serta teknik dalam mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak dengan cara yang fun dengan tujuan agar anak menyukai Bahasa Inggris. Beberapa metode dan teknik yang digunakan diantaranya dengan lagu (song), permainan (game), serta pemberian hadiah (reward).

Sementara itu Miss Ajeng Catria Dewi, S.Pd. yang telah mengajar di MI Imam Puro Purworejo dan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Anak Kutoarjo berbagi tentang tips dan trik dalam menarik siswa untuk mau belajar Bahasa Inggris dengan cara memutarkan video, menunjukkan gambar, bermain kartu, dan lain sebagainya. Satu poin penting yang disampaikan Miss Ajeng adalah tetaplah menjadi guru kreatif walaupun dengan segala keterbatasan yang ada.

Kedua narasumber tersebut setuju bahwa mengajar Bahasa Inggris untuk SD menjadi pondasi dalam menanamkan basic skills seperti pengucapan (pronunciation) dan kosakata (vocabulary). Akan sangat merugikan bagi siswa SD tersebut bila diajar oleh guru yang tidak mempunyai kompetensi di bidang Bahasa Inggris. Sebagai penutup, narasumber menegaskan bahwa mengajar anak-anak akan menjadi sangat menyenangkan apabila guru menikmati prosesnya.

Pemberian Kenang-kenangan kepada narasumber

Kegiatan seminar seperti ini juga sekaligus menjadi ajang bagi Prodi PBI untuk menyambung tali silaturahmi dengan para alumni sekaligus memberikan semangat bagi adik-adik tingkat dalam mengejar cita-citanya.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker