Berita

PBI Selenggarakan Pelatihan PTK Guru SMP

Sebagai bagian dari implementasi Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, tim PkM Prodi PBI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikdpora) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru SMP Se-Kabupaten Purworejo. Hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kemampuan serta kapasitas pendidik tingkat SMP di Kabupaten Purworejo.

Mengambil tempat di SMPN 9 Purworejo yang berlokasi di Malangrejo, Banyuurip, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama kurun waktu 1 (satu) bulan terhitung dari tanggal 29 Januari s.d. 26 Februari 2019. Para peserta pelatihan tidak hanya berasal dari lingkup SMPN 9 Purworejo saja, namun juga berasal dari berbagai SMP di Kabupaten Purworejo. Hal ini menandakan bahwa minat dan keinginan para guru SMP untuk maju dan meningkatkan kualitas diri sangat tinggi.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga menyampaikan bahwa “Kualitas guru menentukan kualitas generasi bangsa dan bila kualitas guru meningkat, maka kualitas generasi penerus bangsa juga akan meningkat”. Senada dengan Kepala Dinas, delegasi dari UMP yang diwakili oleh Sri Widodo, S.S., M.Hum., mengatakan bahwa “Melalui pelatihan penelitian tindakan kelas, maka akan terdapat dua keuntungan sekaligus yaitu permasalahan yang dihadapi oleh para siswa bisa terpecahkan dan guru juga bisa memperoleh manfaat dari PTK ini diantaranya adalah peningkatan kualitas pembelajaran serta peningkatan kepangkatan”.

Pelatihan PTK ini akan terbagi menjadi beberapa sesi dengan tema yang berbeda tiap sesinya yaitu dimulai dengan pengenalan PTK, Penyusunan Proposal, Penyusunan RPP, Pelaksanaan Penelitian, hingga pembuatan laporan penelitian yang akan ditindaklanjuti dengan diseminasi dan atau pembuatan artikel jurnal. Pada kesempatan yang pertama diisi dengan “Gambaran umum tentang PTK” dengan narasumber yaitu Dr. Semi Sukarni, M.Pd. Dalam pemaparannya Dr. Semi memberikan gambaran umum mengenai bagaimana memulai PTK, apa yang harus dilakukan dalam PTK, hingga kerangka laporan PTK.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diprakarsai oleh Abdul Ngafif, M.Pd.B.I., dimana pada sesi ini para guru sharing mengenai permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran serta bagaimana upaya untuk menyelesaikannya. Juga ditanyakan mengenai mata pelajaran yang menyangkut beberapa fokus seperti IPS yang terdiri dari Sejarah, Geografi, dan Ekonomi yang diampu oleh satu guru. Dari sesi tanya jawab ini, intinya adalah 1) fokus pada  satu masalah yang ingin dipecahkan, 2) luangkan waktu untuk memecahkan masalah, 3) tulis dan laporkan hasilnya dalam bentuk karya ilmiah.

Guna membantu para guru dalam menemukan masalah, memfokuskan pada 1 masalah yang ingin dipecahkan, membuat proposal, serta hal lain yang berhubungan dengan PTK, berikut kami lampirkan:
1. Materi Gambaran Umum PTK unduh DISINI
2. Contoh Proposal PTK unduh DISINI
3. Contoh Laporan PTK unduh DISINI dan DISINI
4. Contoh Artikel Jurnal unduh DISINI

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker