Berita

Dosen PBI Didaulat menjadi Juri Debat Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo melalui segenap keluarga besa civitas akademikanya terus berupaya untuk menebar manfaat dan barokah di lingkup akademik sekitar Kabupaten Purworejo. Hal ini nampak dari adanya berbagai kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dimana kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut hasil penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua pihak.

Juri bersama peserta debat

Baru-baru ini FKIP UMPurworejo yang diwakili oleh Dekan FKIP yaitu Yuli Widiyono, M.Pd. menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan MKKS SMA Kabupaten Kebumen yang diwakili oleh Ketua MKKS SMA Kabupaten Kebumen yaitu Rachmat Priyono, S.Pd., M.M. Sebagai langkah pertama dari tindaklanjut MoU tersebut adalah terselenggaranya Debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dimana para dosen dari Prodi PBI dan PBSI menjadi juri dari lomba debat tersebut. Tujuan lomba debat tersebut adalah untuk mencari bibit unggul guna mewakili Kabupaten Kebumen untuk mengikuti lomba debat di Tingkat Provinsi dalam agenda National School Debating Championship (NSBC) 2019.

Juri debat bersama ketua MGMP Bahasa Inggris Kab. Kebumen

Lomba Debat Bahasa Inggris SMA Se-Kabupaten Kebumen dilaksanakan pada hari Senin, 8 April 2019 dengan peserta berasal dari SMA-SMA di Kabupaten Kebumen. Pada kesempatan tersebut, Prodi PBI didaulat untuk menjadi juri lomba dan yang mewakili Prodi PBI untuk menjadi juri lomba debat tersebut adalah Dr. Sudar, M.Pd., Dr. Junaedi Setiyono, M.Pd., Dr. Semi Sukarni, M.Pd., Sri Widodo, S.S., M.Hum., dan Abdul Ngafif, M.Pd.B.I. Dengan menggunakan sistem Modified Asian Parliamentary system, lomba debat Bahasa Inggris menjadi semakin menarik karena adanya POI (Points of Information) dimana tim lawan dapat menginterupsi speaker yang sedang memaparkan materi debat.

Peserta lomba dari SMAN 2 Kebumen

Lomba debat Bahasa Inggris tingkat SMA Se-Kabupaten Kebumen ini diikuti oleh 8 (delapan) tim dan setelah melalui babak penyisihan (preliminary round), babak eliminasi (semi final), dan babak final (final round), tampil sebagai juara I yaitu SMAN 1 Gombong, Juara II yaitu SMAN 1 Kebumen, dan Juara III yaitu SMAN 2 Kebumen. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini maka minat dan kesempatan siswa untuk berprestasi di bidang Bahasa Inggris akan semakin meningkat dan kerjasama antara MKKS SMA Kabupaten Kebumen dengan UMPurworejo semakin terjalin erat.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker