BeritaPrestasi Mahasiswa

Stasiun Sampah: Mengubah Sampah Menjadi Berkah

Menjadi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo itu mempunyai banyak kelebihan dan salah satunya adalah selalu dituntun dan dibina untuk menjadi mahasiswa yang kreatif dan berprestasi. Dalam bidang akademik, terdapat tim yang  lolos hibah pendanaan dari Kemenristeddikti Belmawa yaitu PKM-M Stasiun Sampah yang beranggotakan 4 (empat) orang yaitu Sari Saraswati (PBI), Titi Apriana (PBI), Tri Wahyuningsih (PBI), Iis Nurul Iza (PBSI) dan dibimbing oleh Abdul Ngafif, M.Pd.B.I.

Tim ini terbentuk berawal dari keprihatinan mahasiswa karena banyaknya sampah khususnya anorganik (plastik kresek, bungkus kopi, sedotan, botol bekas, dll) yang kurang dimanfaatkan oleh warga masyarakat Desa Wingkoharjo, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Melihat fenomena tersebut, terbersit ide untuk mengubah sampah tersebut menjadi barang dengan nilai ekonomis tinggi dengan memberdayakan masyarakat yang ada di desa tersebut agar menjadi desa sadar sampah. Bekerjasama dengan ibu-ibu PKK dibawah komando Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wingkoharjo. Barang yang dihasilkan dari pelatihan ala Stasiun Sampah hiasan bunga dari setotan, vas bunga dari botol sirup, sandal, serta dompet dari bahan limbah bungkus kopi.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan pemberdayaan di Desa Wingkoharjo, tim Stasiun Sampah melaksanakan Monitoring dan Evaluasi sebagai pertanggungjawaban terhadap penggunaan dana hibah dan pelaksanaan program Stasiun Sampah di Universitas Tidar Magelang. Dengan semangat Stasiun Sampah, Ketua Tim Stasiun Sampah yaitu Mbak Sari mengatakan “Dengan pengelolaan yang tepat, sampah anorganik bisa dimanfaatkan dan dikelola menjadi barang dengan nilai ekonomis tinggi yang bisa mengangkat ekonomi keluarga”. Harapan dari tim Stasiun Sampah ini adalah kegiatan seperti ini bisa ditiru dan dilaksanakan di desa-desa lain guna mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah.

Berikut merupakan video pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Kemenristekdikti Belmawa. Jangan lupa klik tombol Subscribe, Share, Like, dan Comment. Stasiun Sampah, Mengubah Sampah Menjadi Berkah.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker