Prestasi Mahasiswa

Prodi PBI Pionir Pengiriman Mahasiswa KKN-PPL Internasional

Purworejo (13/11/2019) – Prodi PBI UMPurworejo menjadi program studi yang pertama dan satu-satunya di lingkup Universitas Muhammadiyah Purworejo yang mengirimkan mahasiswanya guna melaksanakan program level internasional yaitu KKN-PPL Internasional. Hal ini berkenaan dengan tindaklanjut dari penandatanganan MoU antara UMPurworejo dengan sekolah-sekolah di Thailand Selatan yang telah dilakukan pada bulan Oktober lalu. “Kegiatan ini dilakukan setahun 2 kali, yaitu pada periode November-Maret dan Mei-September. Ini adalah yang perdana dengan Thailand,” jelas Tusino, M.Pd.B.I. selaku Kepala Urusan Internasional (KUI) UM Purworejo.  

Adapun kedua mahasiswi tersebut adalah Wati Elisa Fitri dan Melisah Susanti, mahasiswi semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang melaksanakan KKN dan PPL di Thamsuksa Mulnithi School, Songkhla dan Khamphee Withya School, Yala, Thailand selama 5 (lima) bulan yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2019 – 15 Maret 2020. Selama kurun waktu 5 (lima) bulan, mereka akan melaksanakan praktek mengajar sekaligus pengabdian kepada masyarakat di kedua tempat tersebut. Saat ditanya mengenai perasaan kedua mahasiswi tersebut, Wati mengatakan bahwa “ini adalah pengalaman internasional Saya yang pertama sehingga ada perasaan berdebar-debar, namun pengalaman ini akan menjadi modal besar bagi Saya untuk mengembangkan diri sekaligus membuka peluang untuk bisa bekerja di luar negeri setelah lulus nantinya“.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Sri Widodo, S.S., M.Hum. pada kesempatan tersebut memberikan pesan kepada para mahasiswa agar tetap menjaga adab sopan santun serta memahami sekaligus menghormati budaya dan kebiasaan yang berlaku di lingkungan tempat mereka melaksanakan KKN-PPL. Harapan ke depan adalah agar terjadi simbiosis mutualisme dimana perwakilan siswa sekolah di Thailand Selatan bisa studi di UMPurworejo sehingga  menjadi salah satu universitas yang membuka kelas internasional, pungkasnya.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker