Prestasi Mahasiswa

Dika Afriyani: Dari Literasi Menjadi Prestasi

Purworejo (18/12/2019) – Dalam dunia pendidikan tinggi, kuliah memang menjadi hal yang wajib ditempuh oleh mahasiswa guna meraih gelar sarjana. Namun, raihan gelar sarjana saja tidak cukup untuk menjadi bekal dalam mengarugi kehidupan setelah lulus nantinya. Berbagai kegiatan bisa diikuti untuk mengembangkan dan mengasah diri dalam bidang yang disukainya dan salah satunya adalah literasi. Berawal dari rasa keprihatinan bahwa kebiasaan maupun kemampuan dalam membaca dan menulis di Kabupaten Purworejo yang masih tergolong rendah, maka kegiatan Pemilihan Duta Baca Purworejo ini digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo.

Adalah seorang Dika Afriyani, mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMPurworejo yang mengikuti dan menjadi salah satu peserta dalam ajang tersebut. Dika mengikuti kegiatan tersebut karena memang hobi mbak Dika ini adalah membaca dan menulis baik menulis puisi, cerpen, dan lain sebagainya. Jadi, sudah seperti panggilan jiwa bagi Dika untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Duta Baca Purworejo.  Terdapat 2 (dua) tahap dalam lomba tersebut yaitu tahap I (seleksi berkas) dan tahap II (wawancara dan presentasi). Setelah lolos pada tahap I, maka saatnya menampilkan yang terbaik pada tahap II. Berkompetisi bersama 10 finalis dari berbagai kalangan (termasuk guru), ada rasa minder yang menghampiri namun semua itu sirna ketika tampil di panggung yang digelar di Ruang Audiovisual Depot Arsip Purworejo pada tanggal 10 Desember 2019.

Mengikuti lomba akan menghadirkan pengalaman dan kesan yang unik, dan hal yang sama dialami oleh Dika yang diminta oleh juri untuk Stand Up Komedi dengan tema literasi. Berbekal pengetahuan tentang literasi dan stand up yang sering dilihat di televisi, Dika mampu membuat juri dan para peserta manggut-manggut ceria atas apa yang diceritakan. Sungguh besar nikmat Allah SWT, pada saat pengumuman pemenang nama Dika disebutkan dan hal tersebut membuat Dika sangat bahagia.  Namun, bukan kemenangan itu yang menjadi pokok dari kegiatan ini akan tetapi semangat untuk terus berkomitmen dan memajukan literasi di Kabupaten Purworejo. 

Satu kata dari Dika yaitu “Memperbaiki karya itu, tidak semudah memperbaiki nilai IPK”.  Kalian anak banggsa ayo cintai literasi, untuk terbentuknya generasi emas yang penuh inovasi dan memunculkan banyak prestasi.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker