Uncategorized

ELTiC 3 Luar Biasa

Seminar Nasional English Language Teaching Learning Conference ke 3 (ELTiC 3) yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo berlangsung luar biasa. Animo para akademisi serta praktisi untuk menghadiri dan mempresentasikan hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris begitu terasa di Ruang Seminar Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Keynote speakers bersama pimpinan universitas

Mengambil tema “Empowering Teachers and Learners of English in Globalization Era” serta dengan menghadirkan tiga keynote speakers yang keahlian di bidangnya sudah tidak diragukan lagi yaitu Prof. Joko Nurkamto, M.Pd. (Universitas Sebelas Maret), Trevor Campbell Cooke (McGill University, Canada), serta Dr. Semi Sukarni, M.Pd. (Universitas Muhammadiyah Purworejo) membuat suasana akademik di ruang seminar UMPurworejo begitu terasa berkesan dan berbobot dengan adanya sesi tanya jawab dengan para keynote speakers yang memakan waktu hampir 45 menit. Pada sesi plenary, sebanyak 21 pemakalah memaparkan artikelnya di ELTiC 3 yang berasal dari berbagai lembaga maupun instansi diantaranya UMNU Kebumen, STIE Putra Bangsa Kebumen, Untidar Magelang, Unikal Pekalongan, SMA N 5 Purworejo, SMA N 1 Batang, dan lain sebagainya serta dengan dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta seminar membuat atmosfir akademik di dalam ruang sidang paralel menjadi lebih bersemangat.


Para pemakalah dan peserta seminar

Dalam sambutannya, ketua penyelenggara ELTiC 3 yaitu Dr. Junaedi Setiyono, M.Pd. mengatakan bahwa “Seminar Nasional ELTiC menjadi wahana keilmuan bagi para pendidik baik dosen maupun guru dan mahasiswa dalam berbagi ilmu khususnya bidang Bahasa Inggris serta sebagai salah satu wadah akademik untuk memperluas pemahaman serta mindset di bidang Bahasa Inggris”.

Kesan positif dan mendalam dirasakan oleh para peserta Seminar Nasional ELTiC 3 baik oleh pemakalah maupun peserta diantaranya yaitu Bpk Muh. Kuntoaji, M.Pd. yang mengatakan bahwa “Kegiatan ELTiC ini merupakan ajang sekaligus wadah bagi para guru untuk menunjukkan hasil kinerjanya di bidang pendidikan Bahasa Inggris, sangat bagus karena diadakan setiap tahun”. Kesan positif juga diberikan oleh salah satu pemakalah yang baru pertama mengikuti ELTiC yaitu Sdr. Berlin Insan Pratiwi, S.Pd., M.Hum. dari STIE Putra Bangsa Kebumen yang mengatakan bahwa “Saya senang mengikuti Seminar ELTiC ini karena banyak ilmu baru yang bisa saya peroleh dari kegiatan ini dan saya juga bisa practicing my English secara langsung dengan teman-teman guru dan dosen serta native speaker, setiap tahun diadakan insya Allah saya pasti ikut”.

Tari Dolalak sebagai bagian pengenalan budaya

Dalam kegiatan seminar tersebut, Prodi PBI juga menampilkan kesenian tradisional Tari Dolalak dari SDN Golok, Banyuurip sebagai salah satu rekanan dalam pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Bahasa Inggris untuk Anak (TEFYL). Sebagai program studi yang berkomitmen dalam mengembangkan keilmuan di bidang Bahasa Inggris di wilayah Kabupaten Purworejo dan sekitarnya, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo selalu mencanangkan dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan akademik untuk meningkatkan keilmuan dan keahlian baik dosen dan mahasiswanya guna menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Bravo Prodi PBI UMPurworejo.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker