Prestasi Mahasiswa

Fun English Gate: Solusi asik belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris untuk sekarang ini menjadi hal yang wajib dilakukan bagi mereka yang ingin meraih kesuksesan dalam studi dan karir. Pembelajaran Bahasa Inggris sedari dini sangat mungkin dilakukan sebagai upaya awal atau pondasi guna menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang digunakan di even-even berkelas dunia. Adapun permasalahan mendasar yang dihadapi oleh para pendidik dan juga para peserta didik muda (tingkat dasar atau SD/MI) dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah karena perbedaan antara apa yang dituliskan dengan apa yang dilafalkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka tim PKM-M Universitas Muhammadiyah Purworejo yang digawangi oleh Galuh Kirana Wijayanti (PBI), Eluh Hana Lestari (PBI), Juli Lestari (PBI), dan Reni Nur Cahyo (TIK) menciptakan inovasi di bidang pengajaran Bahasa Inggris mengambil konsep pembelajaran yang asik dan menyenangkan dengan mengkombinasikan antara bermain dan belajar baik secara indoor maupun outdoor. Terdapat 3 (tiga) tahapan dalam konsep Fun English Gate yaitu Gate 1 (fokus pada kemampuan kognitif), Gate 2 (fokus pada kemampuan afektif), dan Gate 3 (fokus pada kemampuan psikomotor). Dengan mengkombinasikan ketiga kemampuan tersebut, maka tingkat kebosanan dan stress siswa dapat ditekan sehingga menciptakan atmosfer pembelajaran yang menyenangkan. Dengan adanya atmosfer tersebut, maka proses kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih efektif dan materi yang diajarkan dapat terserap dengan baik.

Dengan bantuan hibah dari Kemenristek Dikti Belmawa, maka Fun English Gate dapat terealisasi. Pada tanggal 18 Agustus 2019, tim FEG mengikuti monitoring dan evaluasi yang diadakan oleh Dikti dan pada kesempatan tersebut, tim FEG memaparkan dan melaporkan hasil kegiatan yang dilakukan. Hasil dari monev tersebut nantinya akan menjadi bahan evaluasi serta perbaikan pada konsep Fun English Gate sehingga bisa digunakan secara luas oleh guru dan siswa SD/MI sederajat. Semoga apa yang dihasilkan dari FEG ini menjadi hal yang positif dan membawa manfaat bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan dasar. Jangan lupa klik subscribe, comments, share, dan notification pada channel youtube PBI UMPurworejo.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker