Prestasi Mahasiswa

Krisna Nur Ayuni: Tembus Pimnas Bersama PKM

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo kembali melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 32 di Universitas Udayana, Bali. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berjudul Pelang Tapi Pas (Pemanfaatan Lahan Hutan Pinus sebagai Tempat Wisata untuk Menyongsong Pembangunan Bendungam Bener) beranggotakan Miftakhu Khafid (Prodi Manajemen), Krisna Nur Ayuni (Prodi PBI), Yulia Aulia Rahma (Prodi Matematika), Muhammad Ferdian S. (Prodi PGSD),  dan Ratih Nawang Wulan (Prodi Manajemen) dibawah bimbingan Dedi Runanto S.E., M.Si., Krisna berperan aktif dalam melaksanakan program PKM tersebut.

Ide PKM tersebut muncul dari adanya pembangungan bendungan yang digadang-gadang sebagai bendungan terbesar di Indonesia. Sebagai efek dari pembangunan bendungan tersebut, masyarakat Desa Guntur dan sekitarnya akan kehilangan mata pencahariannya sebagai petani karena sebagian besar lahan pertaniannya terkena dampah pembangunan bendungan. Untuk membantu masyarakat, maka tim PKM bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Guntur memaksimalkan aset alam berupa hutan pinus untuk kemudian diubah menjadi lokasi pariwisata alam.

Saat ini keikutsertaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo yang tergabung dalam Program Kreatifitas “PELAN TAPI PAS’ telah menghasilkan dampak yang baik bagi Lahan Hutan Pinus sebagai tempat wisata, diantaranya adalah tiga gasebo dan tiga spot foto menggunakan barang bekas guna menambah sarana dan prasarana, pemberdayaan Karang taruna dusun Kalipancer agar bisa mengelola tempat wisata, serta membantu berbagai event kesenian, pelatihan guru asyik dan menyenangkan (Gurame) tingkat nasional. Tim Pkm “Pelan Tapi Pas” membantu pengembangan dan pemanfaatan dalam bidang pengenalan wisata pada masyarakat luas lewat pembuatan akun media sosial seperti instagram  bukitseribubesek_official, twiter @BBesek dan youtube.

Setelah mengikuti monitoring eksternal yang diselenggarakan di Universitas Tidar Magelang, Tim PKM Pelan Tapi Pas dinobatkan sebagai salah satu peserta yang lolos ke PIMNAS 32 di Bali. Bersama dengan 2 tim lain dari UMPurworejo yang lolos ke PIMNAS 32 Bali, semoga delegasi dari UMPurworejo mampu menorehkan prestasi yang gemilang di tingkat nasional.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker