Prestasi Mahasiswa

Yusuf Mahesa Dewo: Kumbakarna di Negeri Kimpul

Berbicara mengenai mahasiswa Prodi PBI yang satu inimemang tidak pernah habis. Selalu ada ide-ide cemerlang yang diolah untuk menjadi karya sastra. Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 4 Oktober 2019 Mas Owed (begitu panggilan akrabnya) telah berhasil menjadi Juara I lomba menulis  Cerpen Fantasi yang diselenggarakan oleh Inspo Creative dalam rangka memperingati HUT Inspo Creative.

Melalui karyanya yang bertajuk Kumbakarna di Negeri Kimpul, Mas Owed ingin menyampaikan bahwa Cerpen Kumbakarna di Negeri Kimpul merupakan sindiran untuk oknum tidak bertanggung jawab yang suka merusak hutan, menebang pohon sembarangan. Negeri Kimpul adalah negeri baru yang lahir setelah perang antara Kumbakarna melawan Sri Rama dan pasukan Wanara di Alengka. Dengan sudut pandang dari Kumbakarna yang menganggap Rama sebagai penebar perang, dan Sinta adalah wanita tidak setia yang menggoda Dasamuka alias Rahwana. Kumbakarna sendiri adalah adik dari Rahwana.

Owed mengatakan bahwa “Mulanya hanya berniat menguji karya saya, kebetulan baru menulis genre fantasi. Sebelumnya saya hanya fokus pada cerita detektif dan cerita thriller. Tidak saya sangka, ternyata berhasil meraih juara satu.” Melalui karya seni ini Mas Owed terus berkarya guna membayar biaya kuliahnya.

Selain berkarya dengan menulis, Owed juga mengembangkan ide-idenya melalui bentuk video dan saat ini sedang mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemdikbud. Berikut video singkatnya.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker