Berita

MGMP Bahasa Inggris SMK Kab. Wonosobo: Beyond the border

Mengajar Bahasa Inggris itu tidak hanya sebatas mentransfer pengetahuan tentang grammar, vocabulary, pronunciation, dan juga basic skills yaitu listening, reading, speaking, dan writing. Lebih dari itu, mengajar Bahasa Inggris juga memerlukan metode ajar dan media ajar yang sesuai dengan perkembangan zaman. Mengajar anak-anak yang sudah masuk dalam kategori generasi milenial dimana peran internet menjadi sangat dominan dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka tentu menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Guru saat ini harus mengupgrade diri guna menyesuaikan dengan gaya belajar dan media yang lebih atraktif sesuai dengan kepribadian anak-anak.

Berkenaan dengan upgrade diri, MGMP Bahasa Inggris SMK Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Prodi PBI UMPurworejo mengadakan workshop dengan tema “Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK”. Maksud dari kegiatan tersebut adalah terdapat kolaborasi aktif antara dosen yang mempelajari kajian ilmiah di bidang pengajaran dengan guru yang menjadi ujung tombak dunia pendidikan SMK. Dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 di Wonosobo, para dosen PBI yang tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat yaitu Dr. Sudar, M.Pd., Dr. Junaedi Setiyono, M.Pd., Dr. Semi Sukarni, M.Pd., Zulia Chasanah, S.S., M.Pd., dan Juita Triana, M.Pd. melakukan sharing bersama dengan para guru Bahasa Inggris SMK Se-Kabupaten Wonosobo.

Para peserta secara antusias mengikuti kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan dari Ketua MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Wonosobo yang dilanjutkan dengan kegiatan workshop. Dihadiri oleh sekitar 30 guru Bahasa Inggris dari berbagai SMK di Kabupaten Wonosobo, para peserta banyak melayangkan pertanyaan kepada narasumber yang pada intinya adalah mereka mengalami kesulitan ketika akan menerapkan beberapa metode ajar di SMK tempat mereka mengajar karena beberapa kendala seperti fasilitas dan SDM. Dengan kendala seperti itu, maka guru bisa mengadopsi metode tersebut namun disesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah. Harapan kami adalah kegiatan seperti ini tetap terus dilakukan guna mengupgrade kemampuan dan pengetahuan para guru.

Maju terus MGMP Bahasa Inggris SMK Kabupaten Wonosobo, lelahmu akan menjadi Lillah, insya Allah.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker