Berita

PBI dan BMT Binamas Purworejo Kolaborasi bidang Pendidikan

Purworejo (31/12/2019) – Keberadaan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo tidak hanya berfokus pada pembelajaran di tingkat kampus namun lebih luas lagi merambah ke masyarakat luas. Salah satu wujud nyata kebermanfaataan Prodi PBI di masyarakat adalah dengan terwujudnya Rumah Belajar hasil kolaborasi antara Prodi PBI dan BMT Binamas Purworejo melalui program rumah belajar. Dalam hal ini, Prodi PBI UMPurworejo mengirimkan para mahasiswanya untuk menjadi tutor di rumah belajar tersebut dengan menerapkan strategi, metode ajar, serta media ajar sedangkan BMT Binamas Purworejo lebih berperan ke masyarakatnya.

Didirikannya tiga rumah belajar yang berada di tiga lokasi berbeda yakni di Desa Donorati, Sidomulyo, dan Brenggong mampu meningkatkan animo masyarakat yang kurang mampu untuk tetap bisa merasakan pendidikan melalui rumah belajar ini. Antusiasme warga masyarakat langsung terlihat ketika dicetuskannya ide ini dan sebagai tindaklanjutnya, maka rumah belajar diselenggarakan di rumah warga yang disulap menjadi ruang belajar untuk kegiatan belajar mengajar. Heri Miswan, salah satu koordinator rumah belajar mengatakan “Bila metode pembelajaran yang diterapkan ini berhasil, maka tidak menutup kemungkinan akan diterapkan pada mata pelajaran lain selain Bahasa Inggris“.

Salah satu tutor Bahasa Inggris Maulina mengatakan”Saya sangat senang bisa menjadi tutor di rumah belajar ini. Selain merupakan langkah untuk mempraktikkan ilmu, saya juga belajar bermasyarakat sekaligus mengelola rumah belajar/tempat les“. Sebagai langkah awal, para tutor yang masih berstatus mahasiswa semester V Prodi PBI UMPurworejo ini akan mengadakan tatap muka selama 4 kali. Dari hasil tatap muka tersebut, maka akan diadakan evaluasi untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan sehingga pada proses berikutnya akan menjadi lebih sempurna. Tujuan awal dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris (vocabulary) para siswa. Diharapkan nantinya bahwa keberadaan kegiatan ini akan membawa energi positif baik untuk Prodi PBI, BMT Binamas Purworejo, dan masyarakat desa setempat.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker