Berita

Mahasiswa KKN UMP Gayengkan Desa Rantewringin

Purworejo (10/2/2020) – Kuliah Kerja Nyata atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan KKN merupakan salah satu program dimana setiap mahasiswa wajib untuk menempuhnya. Bertujuan untuk melatih mahasiswa bermasyarakat, KKN UMPurworejo pada tahun 2020 ini mengambil Tema Mitigasi Bencana berbasis Kearifan Lokal. Terbagi ke dalam 37 kelompok dengan rata-rata jumlah anggota per kelompoknya 19 orang, para mahasiswa akan terjun menjadi bagian dari masyarakat desa selama kurang lebih 1 bulan. Salah satu kelompok KKN yaitu kelompok 30 yang melaksanakan KKN di Desa Rantewringin, Kec. Buluspesantren, Kab. Kebumen memiliki program kerja yang boleh dibilang gayeng. Dalam kurun waktu 2 minggu kerja saja, kelompok ini telah melaksanakan proker yang sangat membantu instansi pemerintah yaitu Program Lunas Pajak Sehari dan Jemantik (Juru Pemantau Jentik).

Pada proker Program Lunas Pajak Sehari, antusiasme warga masyarakat untuk datang ke Balai Desa Rantewringin guna membayar pajak sangat tinggi terlihat dari ramainya warga masyarakat yang berbondong-bondong ke balai desa. Selain didukung penuh oleh Pemerintah Desa Rantewringin dengan menyediakan lokasi dan panggung hiburan, juga terdapat doorprize yang menarik bagi setiap pembayar pajak. Kontribusi mahasiswa KKN UMP terlihat mulai dari menghandle acara, mendampingi petugas pemungut pajak, konsumsi, sampai dengan dekorasi dan dokumentasi. Tidak lupa mahasiswa juga turut serta meramaikan acara dengan menyumbangkan suara emasnya di panggung hiburan.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Desa Rantewringin Bapak Budi Rianto mengatakan “Mahasiswa KKN UMP secara sigap membantu kami dalam melaksanakan program ini mulai dari menjadi MC, pendamping petugas pemungut pajak, konsumsi, dan lain sebagainya sehingga program Lunas Pajak Sehari di Desa Rantewringin semakin gayeng“. Dengan adanya mahasiswa KKN UMPurworejo di Desa Rantewringin Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen akan membawa dampak positif bagi masyarakat desa dan bagi mahasiswa yang melaksanakan KKN akan mendapat manfaat serta pengalaman dalam bermasyarakat.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker